Tips Cara Makan Mie Instant yang Sehat

Hallo sahabat Diamond, terima kasih atas kunjungan anda kali ini. Senang sekali bisa kembali berjumpa dengan sahabat-sahabat yang selalu rendah hati untuk mencari ilmu-ilmu baru. Tidak terkecuali kunjungan sahabat kali ini, saya yakin ini adalah wujud dari kerendahan hati dari sahabat Diamond untuk terus belajar dan berkarya. Tetaplah rendah hati sahabat, karena dunia butuh orang-orang seperti itu.

Baiklah sahabat supaya tidak terlalu panjang, kita kembali ke judul Tips Cara Makan Mie Instant yang Sehat diatas.

 Sahabat, siapa yang tidak mengenal mie instant? Hampir setiap orang pernah mengkonsumsinya baik itu anak-anak, orang dewasa, sampai orang tua (apalagi anak kos). Tapi saya yakin sahabat sudah tahu bahaya makan mie, untuk mengingatkan saja berikut saya kutip beberapa bahaya makan mie instant.

  • Bumbu penyedap yang terdapat dalam kemasan mie instant banyak mengandung MSG dan bila dikonsumsi secara berlebihan dapat memberi efek buruk pada kesehatan seperti rasa mual, sakit perut, panas dalam dan sakit tenggorokan.
  • Mie instant yang mengandung bahan pengawet seperti wax/lilin dan paraben mempunyai efek yang fatal bagi tubuh bila dikonsumsi secara berlebihan, dan mengendap dalam perut sehingga dapat menyebabkan kanker dalam waktu jangka panjang. Salah satu contohnya adalah yang pernah dikisahkan dalam tabloid Nova pada bulan Agustus 2009 dimana seorang bocah umur 6 tahun ususnya membusuk dan perlu dipotong karena setiap hari makan mie instant.

 Nah.. untuk mengurangi resiko itu, berikut saya sedikit berikan beberapa tips cara makan mie instan yang sehat.

  • Masaklah mie instant dengan air yang banyak, kemudian air rebusannya di buang agar zat pengawetnya juga terbuang. Lalu gunakan air panas yang baru untuk kuahnya (jika mie rebus).
  • Gunakan cukup setengah dari bumbu penyedapnya, atau jangan digunakan sama sekali dan cukup diganti dengan garam saja untuk mengurangi kandungan MSGnya. (walaupun rasanya pasti tidak terlalu enak)
  • Usahakan jangan mengkonsumsi mie instan tiap hari. Karena tubuh kita perlu waktu untuk menguraikan zat yang berbahaya. Dan minumlah air yang banyak. (Ayo anak kos ngaku?)
  • Mie mempunya nilai gizi yang rendah, untuk itu tambahkan telur, sayuran, daging atau ikan bila memasak mie instan (seperti contoh gambar diatas).
  • Jangan lagi mengkonsumsi mie instant, lebih baik memasak makanan sendiri walaupun lebih menyita waktu dan belum tentu enak. hehe.. (itung-itung belajar)
Bagaimana sahabat Diamond, sudah tahukan sekarang? Kalau begitu, mulai hari ini yuk kita sama mengaplikasikan ilmu yg kita dapat. Jangan hanya sekedar tahu tapi tidak Take Action..!!!

Terimakasih telah membaca Tips Cara Makan Mie Instant yang Sehat . Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat