Kesehatan: Manfaat Yang Terkandung Dalam Buah Kurma

Cara AtasiKesehatan: Manfaat Yang Terkandung Dalam Buah Kurma, Siapa sih yang tidak mengenal buah yang satu ini, buah yang sering di konsumsi saat bulan puasa ini memiliki beragam manfaat dan khasiat di dalamnya, buah yang diketahui berasal dari teluk persia ini mengandung berbagai nilai gizi sehingga sangat baik dikonsumsi bagi seseorang saat berbuka puasa.

Dilansir dari laman Gulfnews, kurma merupakan makanan kecil yang kaya vitamin dan mineral. Mulai dari vitamin A, B6, kalium dan natrium alami, zinc juga magnesium. Kandungan nutrisi pada kurma ini sangat bermanfaat untuk tubuh orang yang berpuasa. Karena saat berpuasa, seseorang cenderung mengonsumsi makanan rendah nutrisi, seperti gorengan dan lainnya.

Untuk itu, dengan mengonsumsi kurma, gula alami yang terkandung di dalamnya akan memberikan satu energi instan yang diperlukan untuk Anda melakukan kegiatan di bulan Ramadhan, termasuk  shalat malam.

Manfaat lain dari kurma adalah membantu melancarkan pencernaan. Sebab, kurma juga diketahui sebagai pencahar ringan dan mencegah terjadinya sembelit, yang cukup umum dialami orang berpuasa karena perubahan mendadak dalam gaya hidup selama bulan Ramadhan.

Manfaat Lain Dalam Buah Kurma:
Selain berbagai manfaat buah kurma untuk orang berpuasa diatas, ternyata kurma juga memiliki beragam khasiat lainnya seperti dikutip dari laman menshealth:

1. Kurma mengandung serat terbaik untuk usus.
Kandungan serat pangan larut air dalam bentuk pektin pada kurma jauh lebih besar dibanding pada buah-buah lain. Selain itu, serat yang tidak dapat dicerna tubuh pada kurma yang belum matang juga dapat bertindak sebagai prebiotik yang mendukung pertumbuhan bakteri baik pada saluran usus besar manusia sehingga dapat membantu pencernaan.

2. Kurma sebagai pencegah kanker otak dan rematik.
Kurma tinggi kandungan mineral. Dengan mengonsumsi 15 buah kurma maka Anda sudah dapat memenuhi kebutuhan harian akan 80% magnesium, 70% sulfur, 25% kalium, dan 20% kalsium. Kurma juga rendah natrium namun tinggi akan kalium yang jumlahnya meningkat seiring tingkat kematangannya sehingga cocok dikonsumsi penderita hipertensi. Selain itu, kandungan mineral pada kurma seperti fluor bagus untuk melindungi gigi, selenium untuk meningkatkan sistem imun, boron untuk mencegah kanker otak serta rematik.

3. Kurma dapat kebutuhan energi.
Makan kurma sebanyak 100 gram dapat memenuhi kecukupan energi harian sebesar 12-15%. Suatu penelitian menunjukkan bahwa kurma kering mengalami penurunan kandungan antioksidan.

4. Kurma pencegah kanker.
Kurma mengandung zat-zat fitokimia seperti polifenol, sterol, tanin, dan karoten yang dapat bertindak sebagai antioksidan yang mampu mencegah pembentukan radikal bebas di tubuh. Sebagai antioksidan, kurma sering dianggap sebagai makanan fungsional yang baik dan diduga dapat mencegah kanker karena memiliki kandungan polisakarida berupa glukan.

5. Kurma untuk perkembangan otot.
Kurma mengandung protein yang lebih tinggi dibanding buah-buahan segar lain. Kandungan lysine pada kurma ditemukan hampir 2000 kali lipat dibanding apel dan pisang serta 5000 kali lipat dibanding jeruk. Lysine bermanfaat untuk menstimulasi pertumbuhan dan perkembangan sel otot. Walaupun begitu, kandungan protein kurma lebih sedikit dibandingkan dengan buah kering lain.

Terimakasih telah membaca Kesehatan: Manfaat Yang Terkandung Dalam Buah Kurma . Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat

cara sehat mengkonsumsi minyak zaitun, cara sehat mengkonsumsi minyak zaitun,