Cara Mudah Hidup Sehat



Cara mudah Hidup Sehat- Jahe, siapa coba yang tidak kenal sama tanaman yang satu ini. Tanaman yang diperkirakan berasal dari India (Sumber Wikipedia ) yang sekarang banyak dibudidayakan di Indonesia karena tanaman ini sangat cocok atau hanya bertahan hidup didaerah tropis. Tanaman yang terkenal karena rasa pedas dan sifatnya menghangatkan itu mengandung minyak atsiri dan masih banyak kandungan lain seperti zat besi, fosfor, kalsium dan vitamin.

Pengolahan & Varian
7 Manfaat Jahe Untuk Tubuhketika jahe dipanen pada umur yang belum cukup tua maka tidak akan bertahan lama disimpan, untuk itu perlu dilakalukan pengolahan secepatnya agar tetap layak dikomsumsi. Untuk mendapatkan jahe yang berkualitas jahe dipanen pada umur yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua.
Teradapat bebebarapa hasil pengolahan Jahe yang populer, Jahe Kering, Awetan Jahe, Jahe Bubuk, Minyak Jahe dan Oleoresin Jahe.

Selain itu jahe juga memiliki varian yang banyak, paling populer dikalangan masyarakat ialah Jahe Gajah, Jahe Kuning dan yang paling mempunyai rasa pedas ialah Jahe Merah

Manfaat Jahe
Seperti dilansih Times Of India, Jahe bermanfaat untuk

1. Anti Inflamasi
Tanaman ini mengandung banyak sumber senyawa anti-inflamasi yang kuat yang sering disebut Gingerol, yang berguna untuk mengurangi gejala Arthritis(radang sendi), osteoarthritis dan rheumatoid arthitis.

2. Mencegah Mabuk
Jika anda sering mabuk saat berkendala ada baiknya ketika sebelum melakukan perjalanan minum rebusan air jahe agar tidak mual.

3. Kontrol kadar gula darah
Pada saat ini ada beberapa ahli kesehatan didunia menta pasien yang menderita diabetes untuk minum air rebusan jahe dipagi hari. Hal ini dimaksudkan agar pasien bisa mengontrol kadar gula darah.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh
Ketika kita sering mengkonsumsi olahan jahe setiap hari maka kekebalan tubuh akan meningkat.

5. Melindungi kesehatan jantung
Mengonsumsi jahe teratur dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Hal ini juga berarti jahe bisa menurunkan risiko stroke dan serangan jantung karena sifatnya yang meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan kadar high density lipoprotein (HDL).

6. Meredakan sakit kepala dan migrain
Mengunyah sepotong jahe segar selama kurang lebih 30 menit diyakini oleh banyak dokter dapat meringankan sakit kepala dan migrain.

7. Sifat antihistamin
Jahe mengandung sifat antihistamin, yang membuatnya baik untuk mengobati alergi.


Terimakasih telah membaca . Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat