8 Cara Membakar Lemak Terbaik Menurut Penelitian

Bayangkan jika Anda bisa mengikis lemak tubuh Anda lebih cepat dari cara-cara konvensional yang selama ini Anda lakukan.

Mengurangi waktu makan, lari berjam-jam, atau bahkan tidak makan dan tidak minum, adalah cara diet konvensional yang justru membuat lemak di tubuh Anda sulit pergi dan membuat Anda kesakitan.
Nah, seiring perkembangan jaman, para peneliti dari berbagai penjuru dunia berhasil menemukan formula tepat mengikis lemak membandel yang ada di tubuh Anda. Bahkan, cara ini lebih mudah dan aman dari cara konvensional yang biasa Anda lakukan. Apa saja?

Ambil Tas Singkirkan Lemak

Lain kali jika Anda ingin jalan kaki mengelilingi blok perumahan, jangan lupa kenakan tas ransel Anda. Isi tas tersebut dengan beban 20 persen dari berat badan Anda. Sebuah laporan dari American College of Sports Medicine menemukan bahwa cara ini bisa membakar lemak hingga 30 persen.
Jalan kaki dengan menggunakan tongkat di kedua tangan juga memberikan keuntungan berlipat buat Anda. Anda akan berjalan lebih lama, tekanan pada pinggang berkurang dan energi Anda akan meningkat sebanyak 67 persen, seperti dilaporkan Journal of Strength & Conditioning Research.

Latihan Saat Cuaca Dingin

Latihan saat cuaca dingin dapat membantu membakar lemak lebih banyak. Ilmuwan di University of Gothenburg menemukan, saat latihan di cuaca dingin, lemak cokelat membawa kalori dari lapisan lemak sehingga lapisan lemak pun berkurang.
“Semua itu bisa Anda dapatkan hanya dengan latihan 4 menit di suhu 4 derajat Celcius,” terang Profesor Mike Cawthorne dari University of Buckingham.
Studi lain di University of Nottingham juga menemukan bahwa latihan saat cuaca panas juga mengaktifkan lemak cokelat.

Perut Sixpack dengan Tidur Cukup

Studi selama 5 tahun yang dilakukan Wake Forest University di Amerika Serikat menemukan, tidur antara 6-7 jam tiap malam adalah waktu terbaik untuk mengurangi lemak di perut.
“Beri diri Anda jeda waktu 3 jam sejak Anda menyelesaikan latihan di gym hingga menuju tempat tidur,” ungkap Dr Louise Reyner di Loughborough Sleep Research Center.
“Latihan akan merangsang produksi adrenalin yang turut mempengaruhi kualitas tidur,” tambahnya.

Bakar Lemak di 134 Detak Jantung/Menit

Penelitian di University of Colorado menemukan, seseorang yang berlatih dengan dengan detak jantung maksimal 134 detak jantung/menit mampu membakar lebih banyak lemak.
Berlari adalah latihan terbaik karena bisa membakar 0.7 gr lemak setiap menitnya, demikian menurut temuan dari University of Cape Town. Cara terbaik untuk mengetahui detak jantung saat latihan adalah dengan menggunakan heart rate monitor.

Mengangkat Lebih Eksplosif

Tim peneliti di Ball State University menyatakan bahwa ketika Anda mengangkat beban, langkah terbaik untuk mengikis lemak adalah dengan melakukan gerakan eksplosif, yaitu mengangkat beban dalam 1 detik dan menurunkannya dalam 3 detik.
Mereka juga menyatakan bahwa latihan tubuh bagian bawah seperti; squat, lunges, dan calf raises, adalah latihan terbaik untuk menjajal teknik eksplosif ini. Para peneliti menganjurkan untuk minum segelas susu bebas lemak setelah sesi latihan selesai.
Mengonsumsi 600ml susu bebas lemak usai latihan membakar lemak hampir dua kali lebih banyak dari mengonsumsi minuman kebugaran.

Latihan Interval

Studi yang dilakukan tim peneliti di University of New South Wales Australia menemukan, 8 detik latihan intensitas tinggi diikuti 12 detik intensitas rendah adalah cara efektif memangkas lemak tubuh.
“Gunakan elliptical trainer atau sepeda stasioner saat melakukan teknik ini (interval),” terang Mack Parnell of Rebootpt.co.id.
“Lakukan menggunakan 40-50 persen dari kekuatan maksimal Anda. Ulangi sebanyak 20 menit seminggu dua kali untuk membakar lemak lebih banyak lagi,” tambahnya.

Makan 5 x Sehari

“Untuk membakar kalori lebih banyak, makanlah 5 porsi kecil setiap hari,” kata peneliti di University of Toronto. 3 menu makan harus mengandung kombinasi protein, karbohidrat dan lemak sehat.
Pilihlah menu yang sehat dan rendah kalori di waktu makan Anda. Telur rebus dan roti gandum bisa menjadi pilihan yang tepat untuk sarapan. Untuk snack siang Anda bisa ngemil kacang-kacangan atau buah. Sesuaikan pula untuk waktu makan lainnya.
Targetkan 70 persen protein untuk setiap menu makan yang Anda konsumsi, baik dari ikan, daging, atau buah dan sayuran.

Langsing dengan 25mg Vitamin D

Studi yang dilakukan oleh tim peneliti di University of Minnesota menemukan bahwa meningkatkan asupan vitamin D dapat membantu menurunkan berat badan.
“Makanan yang kaya akan vitamin D adalah salmon,” kata ahli nutrisi Anita Bean. “100gr fillet salmon mengandung 25mg vitamin D,” tegasnya.
“Lengkapi dengan bumbu sehat seperti, bawang, lemon dan kombinasi salad plus cuka. Tambahkan pula minyak zaitun (olive oil) untuk meningkatkan kemampuan tubuh membakar lemak.
“Makanan ini merupakan sumber antioksidan untuk menetralisir bahan kimia merugikan yang dapat mengakibatkan naiknya berat badan,” tukas Bean.
Terimakasih telah membaca 8 Cara Membakar Lemak Terbaik Menurut Penelitian . Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat