10 Tips Sehat Agar Tidur dan Bangun Tidur Anda Lebih Bermakna

Tidur adalah sebuah kebutuhan yang harus dilakukan oleh setiap orang, ketika kita telah lelah lama bekerja, seharian bekerja, kita membutuhkan sebuah istirahat yang akan menghilangkan kelelahan kita. Dengan tidur kita akan merasa nyaman dan dengan tidur pula rasa lelah kita akan menghilang. Setiap orang biasanya menggunakan waktu 7-8 jam untuk tidur. Nah untuk Anda yang ingin mendapatkan suasana yang nyaman ketika anda tidur dan bangun tidur, Anda bisa menggunakan tips-tips berikut ini :

10 Tips Sehat Agar Tidur dan Bangun Tidur Anda Lebih Bermakna

Berikut adalah tips-tips sehat untuk anda yang ingin mendapatkan suasana tidur dan bangun tidur yang segar dan nyaman : 

1. Lakukan Rutinitas sebelum Anda tidur 

Mengatur kebiasaan setiap malam dapat membantu tubuh untuk lebih relaks. Salah satu cara yang dapat dicoba adalah meminum secangkir teh dan membaca buku sekitar 20 menit sebelum tidur. Apabila hal ini dilakukan secara rutin, dapat membantu untuk tidur lebih cepat.

2. Hindari Makan Berlebihan sebelum Anda tidur 

Beberapa ahli mengatakan sebaiknya tidur dalam keadaan tidak terlalu lapar atau terlalu kenyang. Jika terlalu lapar atau kekenyangan, dapat menyebabkan Anda kesulitan untuk mendapatkan tidur yang cukup. Mengonsumsi kafein yang berlebihan juga dapat menyebabkan Anda terjaga sepanjang malam.

3. Manfaatkan Waktu Siang Hari untuk tidur siang sejenak 

Gunakan waktu luang Anda di siang hari untuk tidur sejenak. Jangan satukan waktu tidur yang tertunda di malam hari karena akan merusak kebiasaan Anda untuk bangun lebih pagi.

4. Matikan Perangkat Elektronik saat hendak tidur

Sebuah penelitian menunjukkan, setiap jenis cahaya yang terpancar dari perangkat elektronik seperti laptop dan ponsel dapat membuat Anda sulit tidur di malam hari. Sebaiknya matikan perangkat tersebut setidaknya satu jam sebelum tidur agar tidak ada gangguan dan membuat tidur lebih nyenyak.

5. Timbulkan Rasa Nyaman suasana Tempat tidur Anda

Temperatur ruangan, kebisingan, cahaya dan kenyamanan dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk tidur lebih nyenyak. Selain itu, kasur yang tidak nyaman dapat membuat tubuh Anda pegal. Apabila dirasa perlu, tidak ada salahnya untuk mengganti kasur dengan yang lebih nyaman demi kesehatan Anda.

6. Tentukan Tujuan sebelum Anda hendak tidur (Niat/berdoa sebelum tidur)

Sebelum tidur, rencanakan hal-hal menarik yang akan memotivasi Anda untuk bangun lebih awal. Misalnya, berolahraga di pagi hari atau mempunyai waktu lebih untuk memasak di dapur.

7. Optimalkan Hari

Bangun tidur dengan rasa malas dan pikiran tentang hal-hal yang tidak ingin Anda lakukan adalah hal yang salah untuk memotivasi diri Anda. Sebaiknya, maksimalkan waktu Anda dengan berpikir positif sehingga Anda dapat merasa lebih bergairah dalam menjalani hari.

8. Bangun dengan Perlahan

Jika Anda sudah mempunyai rencana untuk menjalani hari dengan segala aktivitas yang ada, nikmatilah pagi Anda dengan menghirup udara segar dan rasakan kesejukannya. Bersyukur kepada sang pencipta atas apa yang telah diperoleh selama ini.

9. Sarapan Pagi setelah bangun tidur

Tidak ada salahnya untuk mencoba sarapan pagi dengan menu yang lebih sehat, seperti menyantap roti gandum atau oatmeal yang kaya akan protein dan memberikan energi lebih untuk menjalani aktivitas di pagi hari.

10. Rajin rajin lah Berolahraga Pagi

Di pagi hari Anda masih memiliki tenaga yang cukup untuk melakukan olahraga. Sebaiknya lakukan olahraga kecil seperti jogging atau yoga yang dapat memberikan tambahan semangat saat bekerja dan membantu untuk menjaga pola tidur tetap berkualitas.

Itulah beberapa tips sehat yang bisa anda lakukan ketika anda hendak tidur dan bangun tidur, karenanya kesehatan dan kenyamanan adalah kenikmatan yang tidak ternilai harganya, semoga bisa bermanfaat dan dapat membantu anda menikmati hari-hari yang menyenangkan..
Salam Blogger

Tag Pencarian Google :

Cara sehat bangun pagi, tips sehat untuk bangun pagi, hal yang harus dilakukan sebelum tidur, kenikmatan ketika tidur, cara sehat untuk tidur yang nyenyak, cara mendapatkan suasana hati yang sehat, tips tidur sehat.

Terimakasih telah membaca 10 Tips Sehat Agar Tidur dan Bangun Tidur Anda Lebih Bermakna - Dedot-info. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat